Cara Merawat Atap Rumah

Merawat Atap Rumah Agar Bebas Bocor

Cara Merawat Atap Rumah Agar Bebas Bocor
Mempunyai hunian yang indah dan nyaman merupakan dambaan semua orang, dengan tidak menghilangkan fungsi hunia itu sendiri, yakni pelindung. Bagi kita yang hidup di alam tropis, tentu kenyamanan tersendiri adalah ketika kita tetap bisa santai di dalam rumah ketika musim hujan tiba. Salah satu komponen yang sangat penting untuk membuat Anda tetap nyaman di rumah meski musim hujan adalah atap rumah. Maka, menjaga dan memilih atap rumah adalah hal yang cukup penting.
Nah, di bawah ini kami sajikan informasi menarik mengenai perawatan atap rumah Anda.

Perawatan Atap Rumah

Semua perlengkapan yang ada di rumah tentu membutuhkan perawatan yang baik agar bisa bertahan dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk atap rumah Anda. Maka, agar atap rumah Anda bisa tetap bagus, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Membersihkan Atap Satu Kali dalam 2 Bulan atau 3 Bulan
Yap, retak rambut pada atap rumah Anda berukuran sangat kecil, dan dapat menunda kebocoran. Namun, setelah terkena hujan sebanyak tiga atau empat kali, siap-siap atap rumah Anda akan bocor dan air yang ada dapat membuat atap menjadi lapuk.
Maka untuk melihat perkembangan retak rambut tadi diperlukan pembersihan minimal sekali dalam dua atau tiga bulan.

Cermati Retak Rambut

Retak rambut hanya berlaku bagi atap rumah yang berbahan asbes, beton, dan sirap. Maka, untuk menghindari bocor, Anda bisa mengecek selalu kondisi retak rambut ini. Jika Anda melihat, maka Anda bisa memberi kawat kasa ataupun waterproof. Namun, jika ukurannya sudah besar, itu artinya atap rumah Anda harus segera diplester ulang dan dibobok, hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Cermat

Perawatan atap rumah selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan sudut kemiringan atap. Hal ini berguna untuk membuat atap rumah Anda tetap tahan terhadap curah hujan. Jika Anda menggunakan atap keramik, maka Anda membutuhkan kemiringan sebesar 30 derajat, dan jika menggunakan asbes, dibutuhkan kemiringan 15 derajat.
Perawatan di atas hanya sebagian contoh kecil, karena masih ada beberapa cara perawatan lainnya yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Demekian artikel Cara Merawat Atap Rumah Agar Bebas Bocor semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel kami seputar atasi rumah bocor yang lain.